Tutorial URL Forwarding Tak Berbayar (Gratis)

Tutorial ini dibuat bersamaan dengan suksesnya mengarahkan domain kahfi.web.id ke blog ini.

Kasus yang ingin diselesaikan dalam tutorial ini adalah: Mengarahkan suatu domain yang sudah dibeli, misal kahfi.web.id, ke alamat yang kita kehendaki atau yang menjadi blog/situs kita sebelumnya, misal kahficom.blogspot.com.


Penyelesaian kasus adalah dengan metode "URL forwarding", yakni 'menyalurkan' atau mengarahkan domain yang sudah ada ke alamat (URL) situs yang kita miliki sebelumnya. Hanya saja yang jadi permasalahan dalam proses pembelokan ini adalah di manakah kita bisa mendapatkan layanan "URL forwarding" ini, terlebih yang dimaksudkan adalah secara gratis.

Syarat untuk dipraktekkannya tutorial ini adalah:
1. Sudah memiliki blog atau situs dengan alamat yang masih 'numpang' di hoster lain. Misal: kahficom.blogspot.com.
2. Sudah pernah membeli domain, misal kahfi.web.id, dan ingin mengarahkannya ke blog/situs yang sudah dibangun sebelumnya.

Langkah demi langkah melakukan URL forwarding:
1. Situs yang memberi layanan manajemen domain, termasuk URL forwarding adalah freedns.afraid.org.
2. Kunjungi situsnya, dan lakukan pendaftaran (sign-up), jika Anda belum memiliki akun (account) di situs tersebut. Cari tombol/link sign-up di bagian paling bawah dari halaman awal situs.



3. Setelah berhasil melakukan proses pendaftaran, akan ada konfirmasi di email Anda. Konfirmasi tersebut, termasuk di dalamnya link untuk aktifasi. Akses email Anda, buka surat dengan nama pengirim FreeDNS, lalu klik link yang disertakan untuk melakukan aktifasi.



4. Setelah akun di freedns.afraid.org teraktifasi, maka Anda bisa melakukan login seperti biasa.

//URL forwarding:
5. Untuk melakukan URL forwarding, klik menu Domains pada bagian kiri situs. Jika Anda belum login, maka Anda dikonfirmasi untuk login terlebih dahulu.



6. Setelah berhasil login, klik Add a domain.
7. Pada bagian kotak dialog Domain isikan nama domain (tanpa dituliskan www), misal: kahfi.web.id.
8. Untuk Shared State, pilih Private.
9. Selesai, klik Submit, di sebelah kiri Shared State.



10. Lakukan konfigurasi terhadap domain Anda, supaya mengisikan nameservernya sesuai dengan yang diminta oleh freedns.afraid.org, yaitu mengisikan nameserver Anda dengan:
NS1.AFRAID.ORG (67.19.72.206)
NS2.AFRAID.ORG (66.252.1.255)
NS3.AFRAID.ORG (72.20.25.134)
NS4.AFRAID.ORG (67.18.179.15)
Hal ini dapat dilakukan dengan cara menghubungi atau login ke situs tempat Anda membeli domain untuk melakukan konfigurasi nameserver seperti dijelaskan di atas.

Penjelasan lebih lanjut lihat bagian Penjelasan lebih lanjut lihat bagian Konfigurasi Nameserver untuk .ID pada tutorial ini.
11. Setelah berhasil melakukan submit, klik lagi pada left-menu yakni Domains.
12. Akan terlihat preview tabel berikut, klik Manage pada bagian di samping nama domain Anda yang sudah terdaftar.



13. Setelah mengklik Manage, klik alamat yang hendak dilakukan URL forwarding, misal kahfi.web.id.
14. Setelah keluar tampilan baru, klik URL forwarding.
15. Pada bagian Redirect to:, pastikan alamat di kotak sampingnya adalah alamat blog/situs Anda yang sudah ada, misal http://kahficom.blogspot.com. Pada Page Title:, Anda dapat mengisikan judul situs Anda, pada contoh ini adalah dikosongi. Setelah dirasa selesai, klik Save.



Jika penambahan berhasil, maka akan tampil berikut.



16. Ulangi langkah 13 hingga 15, untuk subdomain www, misal: www.kahfi.web.id, sehingga daftar subdomain yang URL forwarding menjadi berikut.



17. Sehingga pada langkah akhir tutorial ini, menghasilkan daftar pada bagian Domains adalah sebagai berikut.



18. Coba lakukan tes dengan mengetikkan alamat domain Anda pada Address Bar pada browser Anda, misal ketikkan: www.kahfi.web.id atau kahfi.web.id saja. Jika Anda melakukan langkah di atas dengan benar, maka yang ditampilkan pada browser Anda adalah blog/situs yang sudah Anda tentukan sebelumnya, misal dalam contoh kasus ini adalah http://kahficom.blogspot.com.


Konfigurasi Nameserver untuk .ID
1. Kunjungi situs PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia), di https://register.net.id/
2. Lakukan login.



3. Setelah berhasil login, klik Domain Management, lalu klik Domain List, pada left menu.



4. Akan tampil seperti berikut. Untuk melakukan konfigurasi terhadap nama domain, klik edit, yakni ikon paling kanan pada bagian Action.



5. Akan keluar tampilan Update Domain, scroll ke bawah halaman tersebut, maka Anda akan mendapati bagian form bersubjudul Name Server Data. Isikan hostname dan net address sesuai dengan yang diminta oleh freeDNS, yakni seperti gambar berikut.



6. Sesudah itu, klik Submit untuk menyelesaikan proses update.
7. Jika sukses, maka akan keluar tampilan halaman bertuliskan "Sukses Mengupdate Domain". Jka terjadi kegagalan, cek kembali isian Anda pada bagian name server di atas.


Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

CTRL + D dulu, Terima kasih info anda sangat berguna. Yano